Cara membuat iklan di facebook ( Pelajaran 2 )

Setelah sebelumnya sharing mengenai struktur campaign di facebook, saat ini kita coba langsung saja sharing mengenai cara pasang iklan di facebook yang akan dibahas tuntas di postingan ini. Secara garis besar Facebook Ads memiliki Funnel Marketing objective yaitu Awareness, Consideration, dan Conversion.

 

1. FASE AWARENESS

Pada Objective Awarenss ini kita bisa memilih dua objective yaitu

  • Brand Awareness : Pilihan ini bertujuan untuk mengiklankan barang yang sudah dikenal agar barang/produk tersebut bisa lebih di ingat oleh Audience, perhitungan dari Facebook pun bukan klik atau engagement tetapi “brand lift” yakni seberapa banyak orang yang tertarik denganiklan Anda seperti contoh ketika Anda melihat iklan di timeline Facebook kemudian Anda berhenti sejenak untuk memperhatikannya maka Anda termasuk dalam hitungan “brand lift” tadi.
  • Reach : Pilihan ini disarankan untuk memperkenalkan produk baru, karena nantinya Facebook akan mengoptimalkan iklan berdasarkan daily uniqe reach atau unik jangkauan. Frekuensi iklan akan 1.0 artinya satu orang hanya akan mendapat 1x iklan Anda.

2. FASE CONSIDERATION

Pada objective Consideration Anda akan disuguhkan banyak pilihan, bahkan pada fase ini kebanyakan orang beriklan. Contohnya mungkin Anda pernah mendengan Facebook Boost Post, Facebook Webklik, Facebook Leadform, di fase inilah objective iklan tersebut berada.

Yuk kita mulai saja praktek iklan Boost disini.

Pada dasarnya semua iklan Facebook itu sama tahapannya secara teknis, yang membedakannya yaitu Objective diawal yang akan sangat menentukan target iklan Anda.

Cara iklan postingan Facebook fanspage (boost post):

  1. Pilih Engagement di dashboard Facebook Anda, jangan lupa kasih nama yang rapih contoh: FBBoost – April 2018

2. Masuk ke level adset:

Pada level ini Anda harus menentukan target Audience untuk iklan dari mulai target kota, usia, demography,schedule dan placement iklan di FB ataukah IG.

 

3. Masuk level Ads

Disini Adalah tempat untuk setting creative seperti banner, dan caption. Fokuslah pada apa yang Anda jual baik itu dalam banner maupun dalam penulisan adscopy.

Contoh iklan boost post:

Pada iklan Boost post, saat ini tidak support dengan creative carousel, bila Anda ingin menggunakan caurosel pada iklan boost post bisa diakali dengan menaikkan iklan di fase awareness terlebih dahulu untuk kemudian diambil id postnya yang diterapkan di iklan boostpost.

Baca juga Artikel: Cara jualan onilne tanpa modal

3. FASE CONVERSION

Membuat iklan dengan tujuan conversion sama halnya dengan iklan lainnya, tetapi yang membedakan adalah objective di awal Anda harus memilih “conversion” Untuk tampilannya tidak ada yang berbeda dengan iklan lainnya.

Syarat Facebook Conversion bisa berjalan adalah Anda memasang Facebook Pixel di website, karena penghitungan konversi di situs Anda di tentukan oleh Facebook Pixel.

Facebook web conversion ini biasa digunakan oleh e-Commerce atau web bisnis yang memiliki target pengumpulan data atau penjualan.

Leave a Comment

DMCA.com Protection Status