1

Kampung Berseri Astra Bisa Jadi Role Model

Program pembinaan KBA atau Kampung Berseri Astra dianggap sejalan dengan program nawacita yang dicanangkan Presiden Republik Indonesi Joko Widodo terkait pembangunan Indonesia mulai dari desa serta daerah pinggiran. Kampung Berseri Astra juga bisa menjadi role model alias panutan untuk pengembangan kampung-kampung lain di Indonesia. Salah satu contohnya adalah Kampung Keputih di Sukolilo, Surabaya. KBA Keputih akan turut menuju Desa Sejahtera Mandiri atau DSM setelah melalui pembinaan Astra sejak tahun 2013. Desa Keputih sendiri dulunya adalah tempat pembuangan sampah. Namun berkat program KBA, kampung ini menjadi kian berseri serta tak lama lagi akan menjadi kampung mandiri.

 

KBA sendiri ialah wilayah suatau daerah yang lingkungannya bersih dan hijau. Masyarakatnya juga sehat, produktif serta cerdas sehingga akan mencerminkan empat pilar CSR Astra, yaitu Kewirausahaan, Pendidikan, Kesehatan serta Lingkungan. Astra tak pernah berhenti dalam menebarkan inspirasi selama 60 tahun berdiri. Diharapkan program KBA akan bisa menginspirasi serta berkolaborasi dalam hal pembangunan bangsa. Masih dalam rangkaian Festival Kampung Berseri Astra, diadakan pula Lomba KBA Nasional. Total hadiah mencapai Rp75 juta yang diberikan dalam bentuk pengembangan program tematik pada kampung yang bersangkutan. Melalui apresiasi ini, KBA yang memang telah rutin mengadakan program tiap tahun akan makin terdorong dan bersemangat dalam mempercantik serta membawa kampung binaannya menuju kemandirian.

 

KBA yang letaknya berdekatan dengan TPS ini justru telah jadi salah satu kampung yang sekarang mengantongi gelar Merdeka Dari Sampah atau MDS dari Pemkot Surabaya. Kesadaran serta kemandirian warga KBA membuat lingkungan kampung mereka tetap bersih walau lokasinya ada di dekat TPS. KBA Keputih juga makin mandiri berkat UMKM atau Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang disebut KUBE (Kelompok Usaha Bersama). Di antaranya adalah UMKM kerupuk, jamur, tempe, sari kedelai, jahe merah dan sirup markisa. Ke depannya, diharapkan program KBA akan semakin meluas di seluruh Indonesia dan membantu kesejahteraan masyarakat. Pengembangan program ini terbukti telah membantu banyak orang dari berbagai kalangan.

Kampung Safety Honda di Pandean Lamper, Semarang

Di Kota Semarang ada satu kampung di kawasan Kelurahan Pandenan Lamper yang menjadi salah satu bagian dari Kampung Berseri Astra. Kampung yang satu ini punya keunikan yang tidak ditemukan di kampung lainnya karena kampung ini merupakan kampung dengan tema IAABL atau Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas. Konsep kampung lalu lintas ini muncul karena latar belakang tingginya angka kecelakaan di kelurahan ini. Peristiwa kecelakaan yang sering terjadi tidak diikuti dengan pembinaan yang cukup oleh dinas terkait, hingga akhirnya pada tahun 2013 diresmikanlah Kampung Safety Honda.

Berdirinya kampung ini diinisiasi oleh Lukman, seorang warga yang prihatin melihat lalu lintas di Pandean Lamper yang kurang tertib. Awalnya perjuangan membentuk kampung lalu lintas ini dimulai dengan sosialisasi edukasi tertib berlalu lintas, penyuluhan dan pembagian helm secara cuma-cuma jika ada warga yang berkendara tanpa menggunakan helm. Perjuangan membangun kampung tertib lalu lintas ini akhirnya berbuah manis, saat ini jika Anda berkunjung ke kampung ini maka Anda akan melihat para warga baik dewasa, remaja dan anak-anak tertib berlalu lintas. Hal ini berkat adanya ikrar warga Kampung Safety Riding yang berbunyi bahwa setiap warga akan menjadikan keselamatan berkendara sebagai budaya hidup dan kebutuhan bukan sekadar kewajiban.

Di kampung ini ada aturan terkait sanksi jika ada warga yang melanggar lalu lintas. Sanksi tersebut adalah teguran yang maksimal disampaikan sebanyak 3 kali. Jika setelah 3 kali teguran masih saja dilakukan pelanggaran maka ada sanksi berupa tidak diberikannya izin dalam mengurus berbagai keperluan administrasi. Ada sanksi ada juga penghargaan bagi mereka yang selalu tertib. Di kampung ini diadakan perlombaan tertib berlalu lintas lengkap dengan hadiah bagi para pemenangnya. Seluruh lapisan masyarakat di kampung ini ikut turut serta mensukseskan Kampung Safety Honda ini mulai dari anak-anak yang dilatih tertib melalui pembelajaran motorik hingga lomba mewarnai dengan tema lalu lintas hingga kaum ibu yang juga mengikuti pelatihan tertib berkendara. Kampung ini memang bisa dijadikan percontohan untuk daerah lain yang juga ingin jauh lebih tertib dalam berkendara.

 

 

admin

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *