Selesaikan urusan tracker dengan tag manager

tagmanager

Mengenal tag manager.

Tag manager merupakan tools dari google bertujuan untuk mempermudah pemasangan script di sebuah website. Jadi script tag manager nantinya harus dipasang di website, tepatnya di bawah tag <head> agar seluruh halaman ter tracking dengan baik.

Apasaja script yang bisa dimasukkan kedalam tagmanager?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa nantinya script yang diperlukan di website tidak perlu lagi dipasang langsung di website, melainkan cukup pasang di tagmanager bahkan GTM ini bisa digunakan untuk verifikasi webmaster tools. Berikut tracker yang bisa di pasang di tagmanager:

  1. Google analytics
  2. Adwords conversion tracking
  3. Adwords remarketing
  4. Google optimize
  5. Google survey
  6. hotjar
  7. Facebook pixel
  8. dll……..

Tentu saja ini sangat mempermudah webmaster/programer dalam pemasangan tracker, bahkan untuk tingkat advance Anda bisa memasang banner langsung dari tag manager tanpa harus melalui website.

Cara memasang script tagmanager sangatlah mudah:

Instal script paling atas dibawah tag <head> dan instal script paling bawah di bawah tag <body>.

Install addon tag asistant di browser Anda, disarankan pake chrome. Bila terlihat hijau berarti sudah benar, bila masih kuning gpp masih bisa dijalankan. Tetapi bila warnanya merah maka GTM tidak bisa berfungsi.

Bila sudah hijau, silahkan pakai Google tag manager sesuai kebutuhan website Anda.

Ada beberapa hal yang mendasar dalam Google Tag manager yaitu :

  1. Tag : Tag adalah bagian kode yang mengirimkan informasi ke pihak ketiga, seperti Google Analytics.
  2. Trigger: Adalah rules atau perintah yang menjalankan tag tersebut, misalkan Tag akan berjalan bila triggernya klik button tertentu.
  3. Variable: Bagian untuk membantu perintah dari trigger itu sendiri, untuk mengaktifkan banyak variable kita mesti mengaktifkannya dari menu variable di GTM dengan mencentang poin-poin yang tersedia. Selain itu Anda juga bisa mengcustom variable buatan sendiri.

 

 

Nantikan tutorialnya di postingan selanjutnya.

Leave a Comment

DMCA.com Protection Status