Yuk pindahan hosting manual sekaligus buat user baru di phpmyadmin

Walaupun saat ini sudah banyak tools untuk membantu pindahan hosting wordpress secara cepat, tetapi tentunya tidak semuanya gratis. Plugin-plugin tersebut biasanya berbayar, bila Anda menemukan yang gratisan ya mesti hati-hati bahwa file tersebut tidak berisi malware dll.

Oke, disini kita langsung saja membahas pindah hosting wordpress manual sekaligus membuat user baru di phpmyadmin sebagai level admin.

  1. Download semua file wordpess di hosting lama, biasanya tersedia fitur backup di setiap provider hosting. Anda bisa menemukannya di cpanel.backup
  2. Download juga mysqldatabase yang ada di cpanel menggunakan backup wizard
  3. Di tahap ke tiga, saatnya masuk ke cpanel yang baru. Upload semua file wordpress (tahap1) ke public.html
  4. Create database baru di mysql, catat semua database name, user database, dan passwordnya. Jangan lupa “add user to database” di tahap akhir create database.
  5. Menuju ke phpmyadmin, dan import database lama ke database baru.
  6. Kembali ke public.html dimana Anda tadi menyimpan semua file wordpress, edit file wp-config dan isi database name, user database, serta password database yang telah di buat di mysql baru.
  7. Silahkan buka situs Anda, apakah sudah live. Bila sudah OK, silahkan login ke wordpress situs Anda dan menuju ke menu permalink, klik OK, Selesai. Hal ini untuk mengatasi error di single post, karena setiap berada di hosting baru biasanya single post tidak langsung dapat di akses.

Itulah cara pindahan hosting secara manua, sekarang bagaimana bila situasinya blog tersebut milik orang lain dan Anda diminta membantu pindahan hostingnya sedangkan Anda tidak mengetahui user password wp-adminnya.

Inilah cara create new user wordpress melalui phpmyadmin.

  1. Masuk ke phpmyadmin dan klik copy user admin

copy user

2.  Anda tinggal ganti user_login dan user_pas  saja, jangan lupa untuk user_pas memakai MD5 pada kolom funcion.

3. Anda menuju ke table user_meta pada phpmyadmin.

copy user meta

Anda hanya perlu mengganti ID nya saja,  sesuai dengan id user yang dibuat pada tahap diatas, biasanya ID akan berurutan menjadi urutan ke 2.

Selesai. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment